FIFA: Peserta Piala Dunia 2022 bisa bertambah

Kuala Lumpur, (ANTARA News) – Presiden FIFA Gianni Infantino di Kuala Lumpur, Rabu, mengatakan bahwa organisasi tertinggi sepak bola dunia kemungkinan akan menambah jumlah peserta Piala Dunia 2022 mendatang di Qatar. Juga ada rencana untuk menggelar pesta olahraga sepak bola empat tahunan itu di beberapa negara secara bersamaan.

FIFA pada awal tahun lalu berencana untuk menambahkan jumlah peserta Piala Dunia 2026 yang akan digelar bersama AS, Kanada dan Meksiko menjadi 48 negara dari sebelumnya 32 negara, dan membuka pintu bagi penambahan jumlah peserta di Piala Dunia 2022 Qatar.

“Kami telah memutuskan untuk meningkatkan jumlah negara peserta di putaran final Piala Dunia dari 32 menjadi 48 peserta dan ini akan terjadi pada 2016,” kata Infantino dalam kongres tahunan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur.

“Apakah penambahan itu akan terjadi pada Piala Dunia 2022? Kita lihat saja. Jika memungkinkan bisa saja, kenapa tidak?,” katanya.

Dengan adanya penambahan jumlah peserta itu, maka alokasi untuk Asia akan meningkat dari 4,5 menjadi 8,5.

“Kami harus melihat dulu kemungkinannya. Kami akan membicarakannya dengan rekan kita dari Qatar, kita juga akan bicarakan dengan rekan-rekan dari wilayah lain sbobet indonesia dan kami berharap hal ini bisa terjadi,” katanya.

“Dan jika tidak, kami telah berusaha. Kami akan berusaha karena kami selalu ingin mencoba untuk melakukan hal-hal yang lebih baik,” katanya menambahkan.

Qatar, negara kecil di Teluk Arab itu, hanya memiliki populasi sekitar 2,5 juta, pada 2010 terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 yang menurut rencana akan diikuti peserta dengan jumlah 32 negara.

Infantino mengumumkan bahwa untuk menambahkan jumlah peserta pada Piala Dunia 2022, diperlukan kerjasama dengan negara-negara di wilayah lain.

Belakangan, Qatar dilanda konflik sejak Juni lalu dengan beberapa negara tetangga seperti Saudi Arabia, Bahrain, UEA dan bahkan Mesir yang memutuskan hubungan diplomatik karena menuduh Qatar mendanai aksi terorisme. Tapi tuduhan tersebut dibantah Qatar.

Infantino juga menyampaikan keinginannya untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia Antara Klub yang akan digelar di UEA pada Desember mendatang, dan menegaskan bahwa FIFA menginginkan sebuah kompetisi yang sesungguhnya.